Antusiasme Warga terhadap Program Pemutaran Film di Kecamatan Waikububak dan Loli Sumba Barat

Dalam rangka meningkatkan pemerataan apresiasi penonton terhadap perfilman Indonesia, Pusat Pengembangan Perfilman yang merupakan bagian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan acara nonton bareng film Indonesia di 8 Kecamatan di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pemutaran kali ini dilakukan di Kecamatan Kota Waikububak (Desa Kalembu Kuni) dan Loli Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Juni 2017.

 

Tujuan kegiatan tersebut dilakukan agar masyarakat terutama masyarakat yang sulit menjangkau bioskop bisa menonton film-film Indonesia yang berkualitas dan mampu mengapresiasinya dengan baik. Tidak hanya penayangan film Indonesia, terdapat juga diskusi tentang perfilman yang terbuka bagi warga masyarakat.  Sebelum penayangan film dimulai, acara diawali dan dimeriahkan dengan hiburan musik dan permainan kuis yang diikuti warga setempat. Bertugas sebagai pengarah dan penanggung jawab kegiatan adalah Dr. Maman Wijaya, M.Pd selaku Kepala Pusat Pengembangan Perfilman dan M. Sanggupri, M.Hum selaku Kepala Bidang Apresiasi dan Tenaga Perfilman.

 

Film yang diputar dengan judul film “Soekarno: Ketika Bung di Ende” bercerita tentang kisah perjuangan Soekarno dan mengandung nilai-nilai luhur seperti kejujuran, kepahlawanan, dan kegotong-royongan. Film ini mampu memeriahkan suasana dan antusiasme masyarakat setempat mulai dari dewasa hingga anak-anak. Acara pemutaran dan diskusi film tersebut juga dihadiri oleh tokoh setempat seperti Camat Kota Waikububak, Kepala Desa Kalembu Kuni, Perangkat Desa Kalembu Kuni dan Kepala SMA Negeri 1 Waikabubak.

 

Rencananya, Pusbangfilm ingin melaksanakan kegiatan pemutaran film dengan berbagai judul film yang berbeda dan menjangkau 300 (tigaratus) kecamatan di daerah terpencil pada tahun 2017 ini sebagai bentuk apresiasi terhadap perfilman Indonesia. Tahap pertama kegiatan ini adalah menjangkau 10 (sepuluh) kecamatan yang ada di Sumba. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan Pusbangfilm terhadap program pemerintah di 9 Nawacita yang salah satunya adalah membangun Indonesia dari daerah terpencil atau 3T.

 

Penulis: Sela Mahesa Rasamalla dan Carisya Nuramadea

Editor: Marlina Yulianti