Outbound Pusat Pengembangan Perfilman Kemdikbud RI: Becoming to be Woww!

Becoming to woww merupakan tujuan outbound yang diadakan Pusat Pengembangan Perfilman Kemdikbud RI kali ini pada tanggal 5-7 April 2018 di Hotel Neo+, Sentul City. Acara yang berlangsung selama 3 hari 2 malam, telah banyak memberikan semangat baru bagi seluruh pimpinan dan pegawai. Diawali acara pembukaan oleh Abu Chanifah selaku Kepala Subbagian Keuangan dan Rumah Tangga Pusat Pengembangan Perfilman, dilanjutkan dengan sambutan dari Maman Wijaya selaku Kepala Pusat Pengembangan Perfilman dan diakhiri dengan sesi pemberian motivasi oleh Obay yang sekiranya menjadi pendorong semangat untuk menjalani rangkaian kegiatan berikutnya.

Dalam rangka meningkatkan kebersamaan antar seluruh pegawai Pusbangfilm, baik pimpinan dan pegawai mengikuti outbound training pada hari kedua. Kegiatan dimulai pukul 06.30 yang diawali oleh senam pagi bersama sebagai pemanasan sebelum masuk dalam kegiatan outing selanjutnya. Setelah itu, seluruh peserta outbound berkumpul di lapangan untuk membentuk kelompok, dimana 1 kelompok terdiri dari 8 personil: 4 laki-laki dan 4 perempuan, tujuannya adalah menyeimbangkan kekuatan kebersamaan antara laki-laki dan perempuan. Kelompok yang terbentuk adalah: Bocil, Cicak, Anak Kampung, Danur, Pengabdi Setan, Buaya Putih, dan Minak Jinggo.

Serangkaian kegiatan outbound yang dilaksanakan dari pagi hingga menjelang malam yang dipandu oleh  Simba Outbound Management. Simba Outbound Management memberikan waktu setiap kelompok untuk membuat nama kelompok beserta yel-yel sebagai penyemangat dan tanda bahwa setiap personil dalam kelompok siap. Permainan yang diberikan melatih tingkat konstentrasi dari masing-masing individu.

Rangkaian kegiatan ditunda untuk sementara karena memberikan waktu kepada teman-teman yang Sholat Jumat dan teman-teman yang tidak ikut Sholat Jumat melakukan kegiatan bebas seperti berenang dan makan siang bersama. Setelah makan siang, ada informasi yang disampaikan oleh Bank Mandiri dan dilanjutkan kembali 2 permainan terakhir outbond. Permainan ketiga adalah menarik gelas berisi air hingga tidak tumpah, tujuannya adalah kerjasama, kesabaran dan dibutuhkan strategi dalam tim untuk mencapai tujuan. Permainan yang terakhir adalah voli menggunakan serbet dan balon yang diisi oleh air. Tujuan akhir dari permainan ini adalah timbulnya kerjasama, konsentrasi dan strategi tim yang baik.

Satu visi, satu arah, satu tujuan merupakan komitmen seluruh pegawai Pusbangfilm. Melalui outbound ini, diharapkan seluruh pimpinan dan pegawai dapat meningkatkan keterampilan, kepemimpinan, komunikasi dan kerjasama baik bekerja secara personal maupun secara tim. Kerjasama dalam suatu pekerjaan antar pegawai membuat antar personal dengan yang lainnya saling mengandalkan dengan keterampilan masing-masing sehingga terjalin sinergi yang baik. Selanjutnya, orientasi dari setiap pegawai secara personal adalah menumbuhkan hubungan pribadi antar satu dengan yang lainnya, serta melatih untuk meminimalisasi dan menyelesaikan konflik dalam suatu pekerjaan bersama dan pribadi melalui komunikasi yang baik juga.

 

(Anastasia Pongtuluran)