Workshop Penulisan Skenario, Penyutradaraan dan Sinematografi Film Banjir Antusias Sineas Muda Perfilman Indonesia

Pusbangfilm Kemendikbud pada tanggal 19-25 Juli 2017 mengadakan workshop Penulisan Skenario Film, Penyutraderaan dan Sinematografi Film untuk ketiga kalinya. Workshop ini merupakan salah satu program Pusbangfilm yang salah satunya mempunyai tugas dan fungsi peningkatan kompetensi teknis tenaga perfilman di Indonesia.

Bertempat di Hotel Danau Toba Medan, workshop ini diselenggarakan tidak lain dalam rangka meningkatkan kompetensi teknis bagi penulis skenario, sutradara, dan sinematografer di Indonesia. Dalam prosesnya, workshop ini melibatkan banyak pihak, antara lain narasumber, pengajar, praktisi film, penyusun modul, tim teknis, fasilitator serta panitia penyelenggara workshop.

Peserta workshop yang merupakan mahasiswa dan masyarakat komunitas film tersebut belajar tentang seluk beluk perfilman. Hal-hal mendasar dalam penulisan skenario seperti tahapan-tahapan, format, dan pengetahuan dasar dalam penulisan skenario juga dipelajari dalam workshop ini.

Mereka juga belajar memetakan dan mengolah ide secara bebas agar menjadi cerita yang bisa diterapkan dalam bentuk film (khususnya film pendek). Materi tentang potensi profesi penulisan skenario, sutradara dan sinematografer pun disampaikan sebagai penutup rangkaian workshop.

Di sesi mengenai penyutradaraan, peserta banyak belajar tentang pengembangan ide cerita dan pembuatan film. Tingkat keterampilan yang diharapkan dicapai oleh peserta adalah kemampuan merancang dan membuat scene dengan baik.

Sedangkan pada sesi sinematografi, peserta belajar memahami kamera secara utuh, type of shots, camera movement serta angle. Setelah itu, peserta diarahkan untuk bisa mengolah ide menjadi gambar yang bertutur untuk dan menjadi sebuah film. Workshop ini diharapkan dapat membuat peserta menjadi lebih giat serta berani bereksperimen dengan alat-alat sederhana dalam membuat film secara kreatif dan praktis dalam aspek serta kaidah sinematografi.

Penulis: Carisya Nuramadea Editor: Marlina Yulianti