FFI 2017 di Osaka: Membuka Kerja Sama Jepang dan Indonesia Lewat Film Indonesia

Salah satu bentuk dukungan pemerintah Indonesia terhadap pengembangan perfilman Indonesia adalah melaksanakan kegiatan Pekan Film Indonesia di Luar Negeri. Tahun ini, Pemerintah Indonesia dengan bangga mempersembahkan pekan film atau festival film Indonesia di Varna, Bulgaria dan Beograd, dan Serbia. Pada bulan September 2017 ini, pekan film Indonesia atau festival Indonesia diselenggarakan di Osaka, Jepang.

“Kegiatan ini diharapkan membuat film Indonesia lebih dekat lagi dengan masyarakat Indonesia di luar negeri sekaligus memperkenalkan wajah Indonesia kepada dunia internasional melalui film,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy dalam Pembukaan Festival Film Indonesia (FFI) 2017 di Osaka pada 22 September 2017. Menurut Mendikbud, Osaka menjadi pilihan untuk penyelenggaraan FFI 2017 karena Jepang memiliki ikatan sejarah, budaya dan ekonomi dengan Indonesia.

Mendikbud menambahkan bahwa FFI 2017 menjadi ajang untuk memperkenalkan keunikan, keindahan bentang alam, dan potensi yang dimiliki alam dan manusia Indonesia yang begitu besar lewat film. Indonesia memiliki semua karakteristik yang dicari untuk membuat film dengan genre apapun. Oleh karena itu, lewat FFI 2017, diharapkan semua pemangku kepentingan film dan praktisi film di Jepang mau bekerjasama dengan sineas Indonesia. Dalam hal ini, Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemendikbud RI, dapat menjadi mediator untuk kerja sama tersebut.

Dengan menonton film-film Indonesia di FFI 2017 ini, masyarakat Indonesia yang tidak asing dengan kebudayaan mungkin dapat mengobati rindu mereka dan mengingatkan kembali betapa kaya dan indahnya tanah air. Mendikbud berharap agar kegiatan ini dapat diterima tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, melainkan juga masyarakat Jepang yang memiliki perhatian khusus terhadap film Indonesia.

FFI di Osaka Tahun 2017 diselenggarakan atas kerja sama antara Konsul Jendral Republik Indonesia di Osaka, Pemerintah Prefektur Osaka dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Turut serta dalam memberikan sambutan dalam acara pembukan FFI 2017 adalah Wakil Pemkot Osaka, Tadashi Mizobuchi dan Konsul Jenderal Republik Indonesia,Wisnu Edi Pratignyo.

Pada Festival Film Indonesia tahun 2017 di Osaka ini, lima film produksi Indonesia dapat dinikmati bersama selama 3 hari ke depan mulai dari 22 September 2017. Film-film Indonesia yang ditayangkan dalam festival itu antara lain The Mirror Never Lies, Filosofi Kopi 1, Sepatu Dahlan, Toba Dreams dan Ada Apa dengan Cinta 2 pada 22 hingga 24 September 2017. (Dea/ Marlina Yulianty)