Press Release BISA Hongkong Film Award 2017

Tahun 2017, event tahunan yang eksis sejak tahun 2011 kembali mengapresiasi film terbaik anak negeri.

PusbangPerfilman Kemendikbud bersama Be Indonesian Smart n Active Komunitas BMI Berprestasi Hong Kong dan Macau kembali sambangi negeri beton mengusung dua film yakni Surau dan Silek beserta MARS-Mimpi Ananda Raih Semesta.

"Surau dan Silek tidak hanya secara sinematografis sangat baik dan berkualitas tapi muatan kearifan lokalnya dengan menggunakan bahasa Minang/Padang hampir 90% sangat memukau apalagi keberhasilan sineas Arief Malinmudo mendeliver talenta anak-anak daerah sangat natural dalam berakting. Apalagi film kedua MARS-Mimpi Ananda Raih Semesta yang syutingnya di Oxford University London membanggakan dunia pendidikan nasional dimana pelajar terbaik dari daerah gunung kidul yang dulunya miskin dan mistis berhasil menjadi kawasan unggulan terpadu dengan film ini menginspirasi banyak putera daerah untuk sekolah dan meraih kesarjanaan," papar Arul Muchsen sebagai pengagas BISA sekaligus admin di komunitas Demi Film Indonesia.

PusbangPerfilman Kemendikbud menfasilitasi wartawan, dua sutradara dan pihak komunitas untuk mengawal dua film tersebut ke dunia internasional di tonton oleh para BMI, diaspora dan para ekspatriat yang berada di Hong Kong Minggu, 03 September mendatang.

"Pemerintah selalu berusaha menjadikan film Indonesia tuan rumah dinegeri sendiri dan tamu yg terhormat di negara lain. Apalagi Surau & Silek dari ranah Minang memiliki pesan kuat dan berkarakter apalagi MARS-Mimpi Ananda Raih Semesta menginspirasi para TKW di Hong Kong bahwa pendidikan itu penting sehingga bersama BISA wujudkan BMI Sarjana tentu sangat membanggakan. Kami mendukung BISA Hong Kong Film Award mulai tahun ini dan tahun-tahun berikutnya agar film nasional bisa Go International," papar Dr. Maman Wijaya selaku KapusbangPerfilman Kemdikbud RI.

Rencananya tahun depan perhelatannya akan berdekatan dengan HKFilmart dan HK Film Festival 2018 agar bisa menyapa dunia dengan film nasional, semoga.