KEMERIAHAN PAMERAN DAN NONTON BARENG PUSBANGFILM DI REMBUK NASIONAL PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2019

2019-02-14 15:10:56

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2019 dengan mengusung tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” pada hari Senin sampai Kamis, tanggal 11-14 Februari 2019 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kemendikbud, Sawangan, Bojongsari, Depok. Tiga tujuan utama penyelenggaraan RNPK 2019 yaitu sebagai wadah penyusunan rencana kerja tahun 2020, memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta menghasilkan rekomendasi, komitmen dan program untuk percepatan peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan. RNPK 2019 tahun ini dihadiri oleh 1.232 peserta dari pegawai Kemdikbud, Pemerintah Daerah, Dewan Kesenian Provinsi, Organisasi Profesi Guru, Yayasan Pendidikan Swasta, Dunia Usaha, dan Dunia Industri.

Acara yang digelar selama RNPK 2019 berupa diskusi, sidang pleno, pemutaran film Indonesia dan pameran. Ada tujuh anjungan dalam pameran yang bertemakan “Menguatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia” dimulai dari Anjungan A: Melaju Vokasiku, Anjungan B: Sinergi Dunia Usaha dan Dunia Industri, Anjungan C: Kulinerku Maju, Anjungan D: Capaian Kinerja Kemendikbud, Anjungan E: Inspirasiku Untukmu, Anjungan F: Budayaku Cerminku dan Anjungan G: Giat Masyarakat.

Sebagai salah satu unit kerja di bawah naungan Kemdikbud, Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) turut berpartisipasi dalam Anjungan F: Budayaku Cerminku yang diadakan pada tanggal 11-14 Februari 2019. Pelaksanaan pameran tahun ini, Pusbangfilm didukung oleh SMKN 1 Anjatan, SMKN 2 Cimahi, Starvision dan Sekolah Katolik Marie Joseph. Sesuai dengan namanya, Pusbangfilm yang berkolaborasi dengan sekolah-sekolah dan dunia industri mengangkat konsep pameran yang berkaitan dengan film. Pengunjung dapat mengikuti simulasi akting bersama Bayu Skak sebagai salah satu aktor film Indonesia, turut pula dimeriahkan oleh Rahabi Mandra selaku pemenang Piala Citra kategori Penulis Naskah Terbaik 2018 yang membagikan tips tentang penulisan naskah, penyutradaraan dan memandu simulasi syuting pada hari ketiga. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar tentang produksi film pendek, simulasi pembuatan animasi serta bermain kuis interaktif film Indonesia. 

Kehadiran Presiden RI, Bapak Ir. H. Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Muhadjir Effendy serta Menteri Dalam Negeri, Bapak Tjahjo Kumolo yang berkeliling dalam pameran pada hari kedua memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua. Beliau menyampaikan pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia khususnya kepada teman-teman pelajar untuk memiliki daya saing yang tinggi agar Indonesia dapat naik kelas, melakukan lompatan untuk terus maju dan melampaui negara lain. 

Pusbangfilm juga menggelar acara Nonton Bareng dan kegiatan Diskusi bersama Sineas pada hari Sabtu sampai Rabu tanggal 9-13 Februari 2019 di beberapa titik lokasi sekitar Pusdiklat Pegawai Kemdikbud, Depok. Dennis Adhiswara selaku salah satu aktor Indonesia hadir memeriahkan acara dalam sesi Diskusi Bersama Sineas pada pemutaran di hari Selasa (12/2/2019) bertempat di Ruang Teater Universitas Islam Negeri, Ciputat. Pemutaran film yang berlangsung selama lima hari bertujuan untuk memberikan edukasi dan literasi pendidikan melalui perfilman Indonesia kepada masyarakat.

Tags
Paling Populer
img
2018-08-16 16:35:11
Terbaru
img img img img img img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img