Pengumuman

SELAMAT KEPADA PARA NOMINASI LOMBA RESENSI, ARTIKEL, KRITIK PERFILMAN TAHUN 2019

Selamat kepada para nominasi Lomba Resensi, Artikel, Kritik Perfilman Tahun 2019
Setelah menerima 31 naskah resensi, 37 naskah artikel, 47 naskah kritik dan melalui proses seleksi, Tim Juri yang terdiri dari tim penilai dari Pusbangfilm bersama kalangan aktris, jurnalis, pengamat film penulis, produser, kritikus film dan budayawan telah memilih masing-masing 5 nomine dari 3 kategori.
Adapun aspek yang menjadi penilaian juri adalah aspek kebahasaan naskah, pemahaman terhadap tema dan cerita film, akurasi data film, ketepatan pemilihan tema, inspiratif, ketajaman argumentasi, kelengkapan data dan analisis terhadap sinematik, originalitas, pemahaman terhadap bahasa film, simbol film dan sejarah film, serta apresiasi terhadap film.
Kegiatan ini diadakan sebagai salah satu upaya tumbuh kembangnya perfilman Indonesia baik secara kuantitas maupun kualitas. Hal ini terjadi karena perkembangan perfilman Indonesia semakin hari semakin pesat dengan tingginya minat menonton film Indonesia dari masyarakat, yang disertai dengan munculnya genre film yang semakin kreatif, variatif dan inovatif.

 

PENERIMA FASILITASI PENGEMBANGAN SKENARIO FILM PANJANG 2019

“Selamat kepada Penerima Fasilitasi Pengembangan Skenario Film Panjang 2019”

Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm, Kemendikbud) menyelenggarakan program fasilitasi pengembangan skenario film panjang 2019. Fasilitasi pengembangan skenario film panjang merupakan bentuk bantuan finansial untuk pengembangan skenario film cerita panjang bagi projek film yang akan diproduksi dan ditayangkan di bioskop Indonesia. Adapun kriteria khusus naskah film yang dinilai memuat nilai budaya, nilai pendidikan, tidak terindikasi mengandung unsur pornografi, SARA, adegan merokok dan penggunaan narkoba atau minuman keras. Selain itu, naskah film harus mengandung unsur hiburan, informatif dari ide cerita, karakter, struktur, dialog, dan gaya bahasa.

Sebelumnya, juri yang terdiri dari Dewi Umaya Rachman, Badan Perfilman Indonesia (BPI); Rinaldy Puspoyo dan Sekar Ayu Asmara (Pilar); Dian W. Sasmita Soraya (Produser); Swastika Nohara (Binus) telah menerima 8 naskah film dan setelah melalui proses seleksi tim memutuskan 2 naskah film yang lolos untuk menerima fasilitasi dari Pusbangfilm. Mereka yang terpilih adalah Kreasi Anak Bangsa dengan judul Laksamana Keumalahayati dan Mataram Surya Visinema dengan judul Ajisaka: The King and The Flower of Life.

 

PUSBANGFILM KEMBALI MENYELENGGARAKAN PEMUTARAN DAN DISKUSI FILM "BINTANG KETJIL" DAN "TIGA DARA" HASIL RESTORASI

Kabar Gembira untuk #SahabatFilm. Pusat Pengembangan Perfilman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pusbangfilm, Kemendikbud) akan kembali mengajak #SahabatFilm untuk menyaksikan film “Bintang ketjil” (1963) karya sutradara Wim umboh dan Misbach Yusa Biran, serta film Tiga Dara (1956) karya sutradara Usmar Ismail yang telah melalui proses restorasi.
Bekerjasama dengan Jurusan Film dan Televisi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI Bandung) mengundang para #SahabatFilm Indonesia untuk menyaksikan film pada:


Hari / Tanggal : Selasa, 8 Oktober 2019
Film : “Bintang Ketjil” (1963) (semua umur)

Hari / Tanggal : Rabu, 9 Oktober 2019
Film : “Tiga Dara” (1956) (17+)

Pusbangfilm tidak hanya memutarkan film saja, akan ada diskusi dengan narasumber terkait usai pemutaran film.

#SahabatFilm jangan lewatkan kesempatan ini, ajak keluarga dan teman – teman terdekat, karena film – film ini lebih asyik disaksikan dengan orang – orang terdekat.
Tiket dapat didapatkan secara gratis dengan kuota terbatas.
Link pendaftaran
http://bit.ly/2pbAA91

Contact Person :
Adith +62 816 1754 3396

 

PENERIMA FASILITASI PEMBUATAN FILM PENDEK 2019

Selamat kepada mereka yang terpilih sebagai penerima fasilitasi pembuatan film pendek 2019

Fasilitasi diadakan sebagai wujud untuk memberikan kesempatan kepada sineas dan atau komunitas untuk memproduksi film pendek fiksi maupun dokumenter. Fasilitasi diberikan kepada para pembuat film sebagai wujud dukungan pemerintah yang bersifat stimulus terhadap kreativitas dan kekayaan ide sineas dan atau komunitas untuk diwujudkan melalui produk film.

 

GELAR KARYA FILM PELAJAR (GKFP) 2019

GKFP hadir dengan wajah baru mengangkat tema “Semangat Kebhinekaan Generasi Milenial” untuk mendorong #SahabatFilm menuangkan kreatifitas, meningkatkan kualitas dan kuantitas film pendek Indonesia. 
Ayo Sahabat Film, daftarkan diri kamu sekarang! Pendaftaran diperpanjang sampai 30 September 2019, kirim karyamu ke alamat gkfppusbang@kemdikbud.go.id 

Untuk informasi selengkapnya, silakan unduh petunjuk teknis di laman berikut:
https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/21

Bagi Sahabat Film yang berminat, silakan unduh dan isi formulir berikut:
https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/20

 

FASILITASI PENGEMBANGAN SKENARIO FILM PANJANG 2019

Fasilitasi Pengembangan Skenario Film Panjang 2019 adalah salah satu program Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam bentuk bantuan finansial untuk pengembangan skenario film cerita panjang bagi projek film yang akan diproduksi dan ditayangkan di bioskop Indonesia.

Program ini dilaksanakan melalui mekanisme sayembara dengan target 5 projek film, yang dapat menafsirkan slogan ‘Indonesia Cerdas’ ke dalam bentuk film cerita panjang yang bertema nilai budaya, kearifan lokal dan pembangunan karakter bangsa.

Persyaratan administratif dapat diunduh di aplikasi: http://fasilitasi.pusbangfilm.kemdikbud.go.id

Seluruh kelengkapan dokumen dapat dikirimkan ke alamat surel: fasilitasi.pusbangfilm@kemdikbud.go.id.

Proposal diterima paling lambat tanggal 10 Oktober 2019.

 

GELAR KARYA FILM PELAJAR 2019 BERSAMA ANGGA ALDI YUNANDA

Sebagai langkah awal terbentuknya Festival Film Pelajar dan menjadi pintu bagi seluruh pelajar Indonesia untuk berkarya, Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) hadir dengan wajah baru dan mengusung tema “Semangat Kebinekaan Generasi Milenial” untuk mendorong #SahabatFilm menuangkan kreatifitas serta meningkatkan kualitas dan kuantitas film pendek Indonesia. 

Ikon Festival GKFP, Angga Aldi Yunanda mengajak #SahabatFilm ikut dalam kompetisi ini demi terwujudnya generasi milenial yang berkompeten untuk terjun ke dunia perfilman khususnya film pendek fiksi dan dokumenter.
Yuk ikutan, kirim karyamu ke alamat gkfppusbang@kemdikbud.go.id sebelum tanggal 30 September 2019.

https://www.youtube.com/watch?v=Ua3t-ptobac

Untuk informasi selengkapnya, silakan unduh petunjuk teknis di laman berikut:

  https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/21

Bagi Sahabat Film yang berminat, silakan unduh dan isi formulir berikut:

https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/20

 

PEMUTARAN FILM DAN DISKUSI FILM HASIL RESTORASI: BINTANG KETJIL (1963)

Dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Teknologi, Selasa, 13 Agustus 2019, bertempat di CGV Cinema, Pabelan, Kartasura, Program Studi Televisi dan Film, Institut Seni Indonesia Surakarta, dengan fasilitasi dari Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, akan menyelenggarakan pemutaran film restorasi Bintang Ketjil.

Bintang Ketjil, produksi tahun 1963 adalah film besutan maestro Film Wim Umboh dan Misbach Yusra Biran, bercerita tentang Petualangan anak-anak menuju Kebun Binatang, setelah sebelumnya selalu kecewa karena janji orang tuanya untuk berkunjung ke kebun binatang tak pernah ditepati.

Bintang Ketjil adalah film ke 2 yang telah direstorasi Pusbangfilm setelah sebelumnya telah merestorasi film Pagar Kawat Berduri, yang  pada bulan April kemarin telah diputar oleh Prodi Televisi dan Film di tempat yang sama dengan bantuan fasilitasi dari Pusbangfilm.

Restorasi Film Indonesia telah dilakukan tahun 2012, antara lain film Lewat Jam Malam (karya Usmar Ismail tahun 1954) yang dilakukan oleh Museum Nasional Singapura. Namun sejak tahun 2016 Pusbangfilm memiliki program merestorasi film-film Indonesia, hal ini tentu menggembirakan karena dalam proses ini ternyata menunjukkan bahwa negara berperan dan memberi ruang bagi putra bangsa, melalui teknologi restorasi film yang rumit, untuk dapat berpartisipasi menyelamatkan aset kesejarahan, dalam hal ini aset perfilman. Pusbangfilm sendiri, menurut releasenya, dalam hal restorasi film lebih memprioritaskan restorasi pada film-film yang sudah mengalami kerusakan yang berat. Untuk itu, pemutaran film Bintang Kecil kali ini didedikasikan pada tema kebangkitan teknologi dalam partisipasinya membentuk jati diri bangsa Indonesia.

“Media Film itu tidak pernah lepas dari teknologi, dan seringkali kita lupa apa yang hadir di layar adalah salah satu hasil purwarupa teknologi itu sendiri. Kegiatan restorasi ini menyadarkan kita, bahwa besar sekali manfaat teknologi dalam pelestarian karya cipta manusia dalam bentuk film.

Selain pemutaran film, kegiatan ini juga akan menghadirkan diskusi dan sosialisasi restorasi film di Indonesia dengan mendatangkan narasumber Lintang Gitomartoyo(pelaku restorasi film), Rizka Fitri Akbar (PT. Render Digital Indonesia) serta Nana Awaludin (pemain film Bintang Ketjil) yang akan dilaksanakan setelah pemutaran film. Kegiatan ini akan berlangsung pada hari Selasa, 13 Agustus 2019, mulai pukul 08.30-13.00 bertempat di CGV Studio Transmart, Jl Raya Solo Semarang, Pabelah Sukoharjo, dengan mengundang pelajar, mahasiswa, serta komunitas film dan sejarah.

 

WORKSHOP FILM TINGKAT DASAR 2019

Pusat Pengembangan Perfilman, Kemendikbud menyelenggarakan Workshop Film Tingkat Dasar tahun 2019. Workshop terbuka bagi WNI, berusia 17-30 tahun yang belum pernah mengikuti Workshop Film Tingkat Dasar yang diselenggarakan Pusbangfilm sebelumnya, serta aktif dalam kegiatan film baik sebagai pembuat film ataupun pegiat film.
Batas akhir pendaftaran tanggal 20 Agustus 2019 pukul 17.00 WIB. Formulir pendaftaran dikirim melalui e-mail ke alamat: bidangatp.pusbangfilm@kemdikbud.go.id.

Untuk informasi selengkapnya, silakan melihat agenda pengumuman berikut:
https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/page/read/1


Bagi Sahabat Film yang berminat, silakan mendaftarkan diri melalui laman berikut:
Syarat dan Ketentuan Workshop Film Tingkat Dasar 2019
https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/24

Formulir Pendaftaran Workshop Film Tingkat Dasar 2019
https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/23

 

WORKSHOP DAN SERTIFIKASI PROFESI BIDANG PERFILMAN 2019

Halo #SahabatFilm, Pusbangfilm menyelenggarakan Workshop dan Sertifikasi Profesi Bidang Perfilman tahun 2019 bagi insan perfilman yang memiliki profesi sesuai bidangnya: Bidang Tata Kamera, Bidang Tata Suara, Bidang Tata Artistik, dan Bidang Editing Film.

Para peserta akan dilatih dan dibekali dengan materi terkait perfilman berdasarkan profesinya. Setelah mendapat pembekalan, para peserta akan diuji untuk menentukan kompetensi mereka. 

Bagi Sahabat Film yang berminat, silakan unduh Formulir APL1 melalui: http://www.mediafire.com/file/p4k6yuc1qubk12x/Formulir_APL_1.rar/file

Daftar Okupasi Profesi

http://www.mediafire.com/file/j4vrxg5b7tr92rn/Daftar_OKUPASI.pdf/file

serta Formulir APL2

https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/22

 

PUSBANGFILM MENYELENGGARAKAN GELAR KARYA FILM PELAJAR (GKFP) TAHUN 2019

Film sebagai karya cipta seni budaya merupakan pranata sosial dan media komunikasi massa yang memiliki peran strategis dalam kehidupan berbangsa, dan juga berperan sebagai pencerdasan kehidupan bangsa serta pencitraan kehidupan yang beradab sebagai bangsa dan negara. Saat ini perkembangan perfilman Indonesia sangat pesat baik dari sisi teknologi maupun sumber daya manusia. Hal ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah untuk semakin meningkatkan perkembangan film di Indonesia sebagai perwujudan semangat kebhinekaan generasi milenial.
Untuk itu, dalam rangka pemajuan dan peningkatan perkembangan film pendek fiksi dan film pendek dokumenter secara kuantitas yang diimbangi dengan kualitas, khususnya dikalangan pelajar di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman kembali menyelenggarakan kegiatan Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) tahun 2019.
Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, peduli budaya bangsa untuk menguatkan jiwa nasionalisme bagi pelajar Indonesia melalui media seni film dan mengembangkan nilai-nilai pembelajaran bagi masyarakat luas tentang tema-tema yang positif yang dikandung dalam karya-karya film pelajar Indonesia, karena melalui seni film atau media audio visual, pesan yang disampaikan akan mudah dipahami secara universal.


Untuk informasi selengkapnya, silakan unduh petunjuk teknis di laman berikut:
https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/21


Bagi Sahabat Film yang berminat, silakan unduh dan isi formulir berikut:

https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/20

 

PUSBANGFILM MENYEDIAKAN BANTUAN PERALATAN PEMUTAR FILM DI RUANG TERBUKA TAHUN 2019

Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga menyediakan bantuan peralatan Pemutar Film di Ruang Terbuka tahun 2019. Penerima bantuan peralatan pemutar film di ruang terbuka yaitu diutamakan berada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dan daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan bioskop. Mereka adalah pemerintah daerah yang melaksanakan urusan pendidikan dan kebudayaan, satuan pendidikan, dan lembaga atau organisasi masyarakat lainnya yang bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Program ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah terkait penguatan pendidikan karakter, memperluas akses masyarakat terhadap film Indonesia terutama di daerah 3T dan daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan bioskop untuk mendapatkan tontonan yang mendidik dan berkualitas, serta memperluas media putar untuk film hasil fasilitasi Pusbangfilm. Sehingga hasil yang diharapkan berupa: pertama, adanya peningkatan penguatan pendidikan karakter melalui media inspiratif dengan menyelenggarakan menonton film bareng di ruang terbuka. Kedua, sebagai upaya untuk memperluas akses masyarakat untuk mendapatkan tontonan yang mendidik dan berkualitas serta membangun kualitas masyarakat yang cerdas berkarakter melalui film. Ketiga, mengajak masyarakat untuk mengapresiasi sehingga minat masyarakat semakin meningkat untuk menonton film Indonesia.

Untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya, silakan diakses di laman berikut:

http://fasilitasi.pusbangfilm.kemdikbud.go.id/

 

PUSBANGFILM MEMBERIKAN BANTUAN PERALATAN PRODUKSI FILM BAGI SEKOLAH TAHUN 2019

Pusbangfilm memberikan bantuan berupa Peralatan Produksi Film tahun 2019 untuk mewadahi bakat para generasi muda dalam menimba ilmu yang selayaknya harus ditopang dengan sarana pendukung yang memadai untuk mencapai sasaran yang maksimal. Salah satu contoh, disiplin ilmu seni budaya dan film, banyak sekolah yang memberikan pelajaran ekstrakurikuler di bidang seni budaya dan film. Salah satu contoh, pengguna sarana seni budaya dan film untuk generasi muda adalah menyampaikan pesan pendidikan melalui pertunjukkan seni budaya dan pemutaran film yang berbasis nilai budaya, kearifan lokal dan pembangunan karakter bangsa di sekolah.

Sekolah dipilih sebagai sasaran dengan tujuan peningkatan apresiasi seni budaya dan film, karena sekolah memiliki fungsi dan peran sebagai lembaga pendidikan bagi generasi penerus bangsa. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28C ayat (1) serta Pasal 31 ayat (1) dan (2) yang pada prinsipnya semua lapisan masyarakat Indonesia baik yang tinggal di wilayah perkotaan maupun di pedesaan berhak mendapatkan sarana hiburan serta pendidikan melalui pertunjukkan seni budaya dan film. Namun, karena terbatasnya sarana pertunjukkan, maka perlu adanya program untuk mewadahi sarana tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan apresiasi serta penanaman nilai-nilai budi pekerti dan moral di masyarakat terutama pelajar.

Selain itu hal ini juga guna memberi kesempatan secara maksimal bagi sekolah yang memiliki potensi lebih dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, baik dalam hal ilmu pengetahuan, keterampilan, maupun nilai-nilai budi pekerti dan moral, memberi kesempatan bagi masyarakat yang berada di sekitar sekolah penerima bantuan untuk mengakses seni budaya dan film, juga untuk meningkatkan distribusi dan pemerataan pembangunan di bidang kebudayaan melalui bantuan sarana apresiasi seni budaya dan film di sekolah yang berada di daerah.

Adapun hasil yang diharapkan melalui pemberian bantuan alat produksi ini adalah meningkatkan kompetensi siswa dalam hal pembuatan atau produksi film, mengimbaskan pemanfaatan alat tersebut kepada sekolah di sekitarnya, komunitas dan stakeholder lainnya, tersedianya pusat kegiatan perfilman di lingkungan sekolah, serta membuka kesempatan bagi sekolah untuk dapat berkontribusi dalam pembuatan karya-karya melalui film.

Untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya, silakan diakses di laman berikut:

http://fasilitasi.pusbangfilm.kemdikbud.go.id/

 

LOMBA PENULISAN KRITIK, ARTIKEL, DAN RESENSI FILM 2019

Tahukah #SahabatFilm, salah satu bagian penting dari sebuah ekosistem perfilman adalah kritik film yang juga turut mengambil peran dalam tumbuh kembangnya perfilman Indonesia baik secara kuantitas maupun kualitas. Hal ini terjadi karena perkembangan perfilman Indonesia semakin hari semakin pesat dengan tingginya minat menonton film Indonesia dari masyarakat, yang disertai dengan munculnya genre film yang semakin kreatif, variatif dan inovatif.

Untuk itu, Pusbangfilm mengadakan Lomba Kritik, Artikel, dan Resensi Film dalam rangka mengapresiasi penulis dan karya kritik film untuk menumbuhkan potensi kritikus film Indonesia sehingga perfilman Indonesia semakin maju dan menginspirasi.
Informasi lebih lanjut, dapat dilihat di laman berikut: pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan

 

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERFILMAN INDONESIA

 

 
 
 
 
 
 
Tags
Paling Populer
img
2018-08-16 16:35:11
Terbaru
img img img img img img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img