Pengumuman

PENDAFTARAN FASILITASI SEWA HAK TAYANG FILM DIPERPANJANG

Dalam rangka memberikan apresiasi bagi pemilik film Indonesia dan meningkatkan ketersediaan film berkualitas guru memenuhi kebutuhan film di ruang-ruang publik, Pusbangfilm mengundang partisipasi para pemilik film untuk ikut serta dalam program "Fasilitasi Sewa Hak Tayang Film Tahun 2019" 

Pendaftaran Fasilitasi Sewa Hak Tayang Film diperpanjang hingga: 30 JULI 2019

Bagi Sahabat Film yang berminat dan informasi selengkapnya, silakan mendaftarkan diri dan kunjungi laman berikut: http://fasilitasi.pusbangfilm.kemdikbud.go.id

 

WORKSHOP DAN SERTIFIKASI PROFESI BIDANG PERFILMAN

Pusbangfilm menyelenggarakan Workshop dan Sertifikasi Profesi Bidang Perfilman tahun 2019 bagi insan perfilman yang memiliki profesi sesuai bidangnya: Bidang Tata Kamera, Bidang Tata Suara, Bidang Tata Artistik, dan Bidang Editing Film.

Para peserta akan dilatih dan dibekali dengan materi terkait perfilman berdasarkan profesinya. Setelah mendapat pembekalan, para peserta akan diuji untuk menentukan kompetensi mereka. 

Bagi Sahabat Film yang berminat, silakan unduh Formulir APL1 berdasarkan Daftar Okupasi dan Profesi melalui: https://drive.google.com/open?id=1EspZiYv1P02fhiti-xLChEg0IOkNMNN0

serta Formulir APL2https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/22

PUSBANGFILM MENYELENGGARAKAN GELAR KARYA FILM PELAJAR (GKFP) tahun 2019

Dalam rangka pemajuan dan peningkatan perkembangan film pendek fiksi dan film pendek dokumenter secara kuantitas yang diimbangi dengan kulitas, khususnya dikalangan pelajar di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman kembali menyelenggarakan kegiatan Gelar Karya Film Pelajar (GKFP) tahun 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, peduli budaya bangsa untuk menguatkan jiwa nasionalisme bagi pelajar Indonesia melalui media seni film dan mengembangkan nilai-nilai pembelajaran bagi masyarakat luas tentang tema-tema yang positif yang dikandung dalam karya-karya film pelajar Indonesia, karena melalui seni film atau media audio visual, pesan yang disampaikan akan mudah dipahami secara universal.

Untuk informasi selengkapnya, silakan unduh petunjuk teknis di laman berikut:

https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/21

Bagi Sahabat Film yang berminat, silakan unduh dan isi formulir berikut:

https://pusbangfilm.kemdikbud.go.id/unduhan/file/20

 

BANTUAN PERALATAN PEMUTAR FILM

Sebagai upaya memperluas akses masyarakat terhadap film Indonesia terutama di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dan daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan bioskop untuk mendapatkan tontonan yang mendidik dan berkualitas, serta mendukung program pemerintah terkait penguatan pendidikan karakter, Pusbangfilm memberikan bantuan berupa Peralatan Pemutar Film di Ruang Terbuka kepada pemerintah daerah yang melaksanakan urusan pendidikan dan kebudayaan, satuan pendidikan dan lembaga atau organisasi masayarakat lainnya yang bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan. Di samping itu, tujuan pemberian bantuan juga diharapkan semakin memperluas media putar untuk film hasil fasilitasi Pusbangfilm dan meningkatkan minat masyarakat untuk menonton film Indonesia.

Bagi yang berminat, silakan mendaftarkan diri ke laman berikut:
http://fasilitasi.pusbangfilm.kemdikbud.go.id

 

 

BANTUAN PERALATAN PRODUKSI FILM

Sekolah yang menjadi wadah bagi siswa untuk menimba berbagai disiplin ilmu, selayaknya harus ditopang dengan sarana pendukung yang memadai guna mencapai sasaran yang maksimal, contohnya disiplin ilmu dalam bidang Perfilman. Untuk mewadahi bakat para generasi muda tersebut, Pusbangfilm menyediakan bantuan Peralatan Produksi Film bagi SMK Kompetensi Keahlian Bidang Produksi Film dan/atau SMA yang mempunyai kegiatan Ekstrakurikuler Perfilman, serta SMK/SMA yang sudah memiliki Laboratorium Seni Budaya dan Film (LSBF). Dengan adanya bantuan peralatan produksi film bagi siswa ini, diharapkan sekolah dapat menjadi pionir dan berkontribusi dalam pembuatan karya-karya melalui film. Selain itu juga, dapat meningkatkan apresiasi dan literasi pelajar terhadap nilai budaya, kearifan lokal dan pembangunan karakter bangsa dalam hal pembuatan dan produksi film, serta memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mengakses seni budaya dan film.

Bagi yang berminat, silakan mendaftarkan diri ke laman berikut:

http://fasilitasi.pusbangfilm.kemdikbud.go.id

 

 

 

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERFILMAN INDONESIA

Pusat Pengembangan Perfilman bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan kajian Persepsi Masyarakat Terhadap Perfilman Indonesia. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persepsi/pandangan masyarakat terhadap perfilman Indonesia. Hasil penelitian ini digunakan untuk pengembangan kebijakan perfilman Indonesia. Sehubungan dengan itu kami mengharapkan partisipasi dari Bapak/Ibu/Saudara untuk mengisi kuesioner ini:
https://forms.gle/QTrZynt8HdXKcpbf9

Atas bantuan dan kerjasama Bapak/Ibu/Saudara kami ucapkan terima kasih.

 

 

Fasilitasi Kajian Data Perfilman Indonesia

Dalam upaya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkarya, meningkatkan kapasitas serta memperkaya pengalaman dibidang perfilman, Pusat Pengembangan Perfilman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan program Kajian Data Perfilman Indonesia Tahun Anggaran 2019.

Untuk informasi dan pendaftaran lebih lanjut dapat diakses melalui:

http://fasilitasi.pusbangfilm.kemdikbud.go.id

 

Fasilitasi Pengembangan Perfilman bagi Komunitas dan Masyarakat 2019

Pusbangfilm hadir untuk memberikan fasilitasi pengembangan perfilman bagi komunitas dan masyarakat tahun 2019.

Untuk informasi dan pendaftaran lebih lanjut dapat diakses melalui:

http://fasilitasi.pusbangfilm.kemdikbud.go.id

 

ASEAN - ROK Film Leader Incubator: FLY 2019

ASEAN - ROK Film Leader Incubator: FLY 2019 kembali hadir menawarkan kesempatan berharga bagi #SahabatFilm yang terpilih untuk mewakili 10 negara ASEAN dan Korea Selatan, tunggu apa lagi? Segera daftar sebelum batas waktu yang ditentukan ya.

Info lebih lanjut dan formulir pendaftaran dapat diunduh melalui laman: www.filmleadersincubator.asia

 

 

Fasilitasi Sewa Hak Tayang Film Tahun 2019

Dalam rangka memberikan apresiasi bagi pemilik film Indonesia untuk meningkatkan ketersediaan film berkualitas dan memenuhi kebutuhan film di ruang-ruang publik, Pusbangfilm mengundang para pemilik film dalam program "Fasilitasi Sewa Hak Tayang Film Tahun 2019"

Untuk informasi dan pendaftaran lebih lanjut dapat diakses melalui:

http://fasilitasi.pusbangfilm.kemdikbud.go.id

 

 

Fasilitasi Pengembangan Perfilman  Bagi Komunitas dan Masyarakat

Tahun Anggaran 2019

Informasi dan Pendaftaran selengkapnya dapat diakses melalui :

http://fasilitasi.pusbangfilm.kemdikbud.go.id

 

 

Penerimaan Calon Anggota dan Tenaga Sensor Lembaga Sensor Film (LSF) Tahun 2019

Kami informasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang tenaga profesional untuk mengisi lowongan Calon Anggota dan Tenaga Sensor Lembaga Sensor Film (LSF) Tahun 2019

Link tautan : 

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/05/penerimaan-calon-anggota-dan-tenaga-sensor-lembaga-sensor-film-kemendikbud-2019

 

 

Bantuan Pemerintah Fasilitasi Festival dan Event Perfilman Internasional 2019

Link Pendaftaran :

http://fasilitasi.pusbangfilm.kemdikbud.go.id

 

 

Surat Edaran : Pemberlakuan Izin Usaha Perfilman

 

 

Pengumuman Nominas Lomba Nominasi Kritik Film dan Artikel Perfilman

Apresiasi Film Indonesia Tahun 2018

 

 

Pengumuman Hasil Pemenang dan Nominasi

Lomba Penulisan Kritik dan Artikel Perfilman

Apresiasi Film Indonesia Tahun 2018

 

 

Hasil Keputusan Dewan Juri Enam Film Dokumenter Terpilih

Gelar Karya Film Pelajar 2018

 

 

 

 

 

Tags
Paling Populer
img
2018-08-16 16:35:11
Terbaru
img img img img img img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img